Kamis, 25 Mei 2017

BUMI



BAB V
A.  Bumi
a.    Bumi Sebagai Benda Langit
Bumi merupakan salah satu planet dan termasuk anggota dari tata surya yang berputar mengelilingi matahari. Selain bumi, planet lain yang mengelilingi matahari adalah merkurius, venus, mars, yupiter, saturnus dan neptunus
Bumi memiliki atmosfer yang kaya akan oksigen,mengandung banyak air, memiliki suhu yang relatif sedang, dan cocok untuk kehidupan organisme serta mengandung senyawa kimia yang mendukung kehidupan organisme.
b.    Bentuk dan Geometri Bumi
-          Bentuk Bumi
Pythagoras “Bumi berbentuk bulat” (abad 5 SM)
Pernyataan di atas didukung oleh filsuf besar Aristoteles (384-322 SM).
Abad ke-17, Newton menunjukkan bahwa Bumi tidak mungkin berbentuk bulat. Menurut teori Newton, benda kenyal yang berputar pada sumbunya akan mengalami pemampatan. Newton berpendapat bahwa Bumi berbentuk oblate (bagian kutub cenderung datar).
-       Geometri Bumi
Geoid adalah bidang ekipotensial gaya berat Bumi yang menyinggung muka laut. Namun permukaan laut tidaklah stabil dan banyak dipengaruhi oleh angin, cuaca, dan lain-lain. Karena itu digunakanlah muka laut rata-rata (Mean Sea Level) sebagai pendekatan dari geoid. Geoid sering dinyatakan sebagai bentuk fisik Bumi yang sebenarnya
-       Ellipsoid
Bentuk geoid yang tidak beraturan tidak memungkinkan kita untuk melakukan perhitungan matematis. Karena itu, sebagai representasi matematis dari bentuk fisik Bumi, digunakanlah ellipsoid. Ellipsoid adalah ellips yang diputar pada sumbu pendeknya. Perbedaan antara geoid dan ellipsoid tidak lebih dari 200 m.
-       Akibat Bentuk Bumi
Adanya tenaga Endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi yang menyebabkan perubahan pada kulit bumi. Tenaga endogen Ini sifatnya membentuk permukaan bumi menjadi tidak rata seperti gunung bukit dan pegunungan. Pada bagian lain permukaan bumi turun menjadikan adanya lembah atau jurang. Secara umum tenaga endogen dibagi dalam tiga jenis yaitu tektonisme vulkanisme dan seisme/gempa.
Sedangkan tenaga Eksogen yaitu tenaga yang berasal dari luar bumi. Sifat umum tenaga eksogen adalah merombank bentuk permukaan bumi hasil bentukan dari tenaga endogen. 3 sumber yaitu  atmosfer yaitu perubahan suhu dan angin. Air yaitu bisa berupa aliran air, siraman hujan, hempasan gelombang laut, gletser dan sebagainya.
c.    Sifat Fisik Bumi
-       Massa Bumi
Massa bumi sekitar 5,98 x 1024 Kg.
Komposisi bumi sebagian besar terdiri dari besi, oksigen, silikon, magnesium, belerang, nikel, kalsium dan aluminium.
-       Kepadatan Bumi
Bumi merupakan planet yang memiliki kepadatan tertinggi, gravitasi permukaan tertinggi, medan magnet terkuat, rotasi tercepat dan diperkirakan juga merupakan satu-satunya planet yang memiliki lempeng yang aktif.
-       Magnetisme Bumi
Magnetisme = medan magnetik yang menjangkau dari bagian dalam bumi hingga ke atas dimana medan magnet bertemu dengan angin surya/matahari.
Besar medan magnet bumi bervariasi antara 25 hingga 65 mikrotesla (0,25 – 0,65 gauss\
-       Grafitasi Bumi
Grafitasi adalah gaya tarik menari antara semua partikel  yang mempunyai massa di alam semesta.
Bumi yang memiliki massa yang besar menghasilkan gaya grafitasi yang besar untuk menarik benda-benda disekitarnya termasuk makhluk hidup.
Gravitasi bumi juga menarik benda-benda luar angkasa seperti bulan, meteor dan satelit buatan manusia.
d.   Atmosfer, Hdrosfer dan Litosfer
-       Atmosfer
Atmosfer adalah lapisan udara yang terdiri atas beberapa gas yang dipertahankan oleh gravitasi bumi dan digunakan untuk melindungi bumi dari serangan luar.


-       Hidrosfer
Hidrosfer merupakan tubuh air atau lapisan air yang menyelimuti bumi, baik yang berbentuk cair, salju, maupun es.
-       Litosfer
Litosfer ialah lapisan bumi yang paling luar atau biasa disebut dengan kulit bumi. Litosfer bumi meliputi kerak dan bagian teratas dari mantel bumi ( bersifat padat ) yang mengakibatkan kerasnya lapisan terluar dari planet bumi.
e.    Sifat Kimia Bumi
Berdasarkan sifat kimianya, bumi dibagi menjadi tiga bagian
-       Crust (Kerak Bumi)
Bagian terluar Bumi. Kerak bumi meliputi kerak atas yang tersusun dari oksigen, silika, dan alumunium serta kerak bagian dalam yang tersusun atas silika dan amagnesium.
-       Mantel
Lapisan di bawah kerak Bumi yang dicirikan dengan adanya peningkatan gelombang – gelombang panas, memiliki ketebalan 3.488 km. Pada lapisan ini bersifat semi cair, banyak mengandung mineral dan ferromagnesian (campuran besi dan magnesium).
-       Core (inti)
Terletak di bawah mantel Bumi pada kedalaman 2.900 – 6730 km, tersusun atas besi (Fe) dan Nikel (Ni)
f.     Umur Bumi
Moh. Asadi dalam bukunya The Grand Unifying Theory of Everything. Dia menyatakan kalau umur alam semesta itu 17-20 milyar tahun. Sementara Prof. Jean Claude Batelere bilang kalau umur semesta itu kisarannya ada di 18 Milyar tahun.
Teori NASA yang mengeluarkan data umur semesta itu ada dikisaran 12 - 18 Milyar tahun.
Berdasarkan informasi Al-Qur'an
Keberadaan alam dunia tidak lebih dari 1 hari. Hal ini termuat dalam QS. Thaha ayat 104. ( " Kami lebih mengetahui apa yang akan mereka katakan, ketika orang yang paling lurus jalannya mengatakan, "Kami tinggal ( di dunia ) tidal lebih dari sehari saja."
Sehari langit sama artinya dengan 1.000 tahun perhitungan manusia. Dijelaskan dalam QS. Al-hajj ayat 47. (" Dan mereka meminta kepadamu ( Muhammad ) agar adzab itu di segerakan, padahal ALLAH tidak akan menyalahi janjiNYA. Dan sesungguhnya di sisi Tuhanmu adalah seperti 1.000 tahun menurut perhitunganmu."
Sehari kadarnya 50.000 tahun yang termuat dalam QS. Ma'arij ayat 4. (" Para malaikat dan Jibril naik, ( menghadap ) kepada Tuhan, dalam sehari setara dengan 50.000 tahun.")
      Bila 1 tahun manusia adalah 365,2422 hari maka sehari langit diperoleh :
              365,2422 X 50.000 X 1.000 X 1 diperoleh 19,26 Milyar tahun.
g.    Tata Koordinat Pada Globeb Bumi
-       Garis Lintang
Garis lintang adalah sebuah garis khayal yang digunakan untuk menentukan lokasi di Bumi terhadap garis khatulistiwa (utara atau selatan).
-       Garis Bujur
Garis bujur adalah garis khayal yang ditarik dari kutub utara hingga ke kutub selatan untuk menentukan lokasi di bumi padaglobe atau peta
h.    Rotasi Bumi
Rotasi bumi adalah pergerakan bumi yang berputar pada porosnya.
Bukti bumi berotasi :
-       Percobaan Pendulum Faucault
-       Adanya Efek Koriolis
-       Aberasi Cahaya
Akibat bumi Berotasi :
-       Terjadinya Pergantian Siang dan Malam
-       Perbedaan Waktu Berbagai Tempat di Bumi
-       Terjadinya Gerak Semu Harian Bintang
i.      Revolusi Bumi
Peredaran bumi mengelilingi matahari. pada orbitnya sekali dalam waktu 365¼ hari
Bukti bumi berevolusi :
-       Paralaks bintang
-       Aberasi Cahaya
Akibat bumi berevolusi :
-       Terjadinya Perbedaan Lama Siang dan Malam
-       Pergerakan Semu Tahunan Matahari
-       Terjadinya Perubahan Musim di Bumi
-       Rasi Bintang Tampak Berbeda setiap Bulannya
-       Penetapan Kelender Masehi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar